I.
Identitas
Sekolah : SMP N 1 Nogosari
Mata Pelajaran :
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VIII/I
Materi
Pokok : Nilai-nilai yang
terkandung dalam pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
Alokasi Waktu :
3x40 menit
II.
Kompetensi Inti
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
III.
Kompetensi
Dasar
3.1 Memahami
nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
IV.
Indikator
3.1.1
Mendeskripsikan arti penting pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup
bangsa
3.1.2
Menjabarkan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila
3.1.3
Memahami hubungan sila-sila dalam Pancasila
V.
Pokok
Materi
1. Arti
penting pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
2. Nilai-nilai
yang terkandung dalam pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
3. Hubungan
sila-sila dalam Pancasila
VI.
Kegiatan
Belajar Mengajar
1.
Kegiatan
Awal
a. Guru
mempersiapkan secara psikis dan fisik peserta didik mengikuti pembelajaran
(berdoa, kebersihan kelas, buku teks dan buku catatan)
b. Guru
memberikan motivasi agar peserta didik bersemangat dalam mengikui pembelajaran
melalui berbagai cara seperti menyanyi, bermain, dan kegiatan lain sesuai
kondisi sekolah.
c. Guru melakukan
apersepsi dengan tanya jawab tentang nilai-nilai Pancasila. (pretest)
d. Guru
mendiskusikan manfaat proses pembelajaran melalui tanya jawab dengan peserta
didik
e. Guru
menyampaikan materi pokok dan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan
2.
Kegiatan
Inti
Mengamati
a. Guru
membagi kelas menjadi 5 (lima) kelompok sesuai kelompok sebelumnya atau
kelompok baru, dengan tugas kelompok :
·
Kelompok 1 : Nilai
Ketuhanan Yang Maha Esa
·
Kelompok 2 : Nilai
Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
·
Kelompok 3 : Nilai
Persatuan Indonesia
·
Kelompok 4 : Nilai
Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan
·
Kelompok 5 : Nilai
Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
b. Guru
membimbing peserta didik mengamati beberapa gambar tentang perwujudan
nilai-nilai Pancasila, yang ditayangkan dalam Powerpoint
c. Guru
memberikan penjelasan tentang gambar sesuai dengan keadaan sosial budaya
peserta didik atau peristiwa yang sejenis dengan gambar.
d. Guru
meminta peserta didik mengamati dengan cermat gambar dan menyimak penjelasan
guru serta mencatat hal-hal yang penting. Penjelasan guru bertujuan mendorong
rasa ingin tahu peserta didik berkaitan dengan nilai-nilai Pancasila.
Menanya
a. Guru
membimbing peserta didik mengidentifikasi pertanyaan tentang nilai-nilai
Pancasila.
b. Guru
memberi motivasi dan penghargaan bagi kelompok yang menyusun pertanyaan
terbanyak dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Mencari Informasi
a.
Guru membimbing peserta
didik secara kelompok untuk mencari jawaban atas pertanyaan yang telah disusun
kelompok, dengan membaca materi dan
penjelasan dari guru
b. Guru
memfasilitasi sumber belajar selain buku
PPKn Kelas VIII sesuai kondisi sekolah, sekaligus menjadi sumber belajar dengan
memberikan konfirmasi atas jawaban peserta didik. Guru dapat pula menjawab
pertanyaan kelompok yang kesulitan mencari jawaban. Upayakan guru tidak
langsung menjawab pertanyaan peserta didik, namun menunjukkan sumber jawaban
yang memuat informasi yang diperlukan.
c. Guru
mengamati sikap peserta didik seperti kerja sama, tanggung jawab, kepedulian, dan
sebagainya
Mengasosiasi
a. Guru
membimbing peserta didik untuk menghubungkan berbagai informasi yang diperoleh
seperti bagaimana hubungan nilai-nilai antarsila dalam Pancasila seperti nilai
kemanusiaan dengan nilai keadilan sosial, apa persamaan dan perbedaan adil
dalam sila kedua dan kelima.
b. Guru
membimbing peserta didik menyimpulkan jawaban secara kelompok
Mengomunikasikan
a. Guru
menjelaskan tugas kelompok untuk menyusun hasil diskusi dalam bentuk displai untuk dipamerkan.
Displai dapat menggunakan lembaran kertas karton, atau kertas/kardus bekas
b. Displai
memuat hasil diskusi dan kolom untuk komentar kelompok lain.
c. Guru
membimbing kelompok menyusun displai yang menarik, kreatif, dan inovatif.
d. Setelah
selesai setiap kelompok memajang displai di dinding bagian dalam atau luar
kelas. Anggota kelompok dibagi 2 orang sebagai penjaga display yang bertugas
menjelaskan apabila ada pertanyaan dari kelompok lain. Sedangkan anggota yang
lain bertugas untuk mengunjungi display kelompok lain. Selama kunjungan peserta
didik memberikan komentar terhadap display kelompok lain secara positif.
Bimbing peserta didik menggunakan bahasa yang sopan dan memotivasi kelompok
lain agar lebih baik.
e. Guru
melakukan penilaian keterampilan dan sikap sesuai format di bagian penilaian
3.
Kegiatan
Akhir
a. Guru
membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab
secara klasikal
b. Guru
melakukan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang
telah dilakukan dan menentukan tindakan
yang akan dilakukan selajutnya
c. Guru
memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah nilai-nilai
Pancasila
d. Guru
melakukan tes tertulis tentang nilai-nilai Pancasila.
e. Guru
memberi tugas individu untuk mengamati perilaku sesuai nilai-nilai Pancasila
VII.
Media
Pembelajaran
1. Gambar
yang berkaitan dengan nilai-nilai Pancasila
2. Materi
yang disajikan dalam Powerpoint
3. Jaringan
Internet
4. Komputer
dan LCD Proyektor
VIII.
Sumber
Pembelajaran
1. Buku
Siswa
Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan. 2014. Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan : buku siswa/Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
2. Buku
Guru
Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan. 2014. Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan : buku guru/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
3. Buku
Referensi
Triyanto. 2013. Pendidikan
Pancasila. Yogyakarta : Deepublish
Dadang Sundawa, Anang Priyanto, etc. 2008. PPKn Untuk Kelas VIII
Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
4. Artikel
atau berita dari media masa dan internet
IX.
Evaluasi
1. Kognitif
·
Instrument : Test
·
Bentuk :
Obyektif
·
Teknik :
Tertulis
2. Afektif
·
Instrument : Non Test
·
Bentuk :
Lembar Pengamatan
·
Teknik :
Pengamatan
3. Psikomotorik
·
Instrument : Non Test
·
Bentuk :
Lembar Pengamatan
·
Teknik :
Unjuk Kerja
Mengetahui,
Kelapa Sekolah Praktikum
SMP N 1 Nogosari
Mulyani, S.Pd (Ukti Binti Arifah)
NIP.
196309041986012003 NIM. K6413074
Post a Comment
- Kritik dan saran sangat dinantikan demi kemajuan website ini.
- Silakan melaporkan jika adal, jika ada link yang mati.
- Mohon untuk berkomentar sesuai dengan tema postingan.
- Dilarang berkomentar yang mencantumkan Link Aktif. jika ditemukan, akan saya hapus.