RENCANA PELAKASANAAN PEMBELAJARAN SMP Kurikulum 2013




I.              Identitas
Sekolah                        : SMP N 1 Nogosari
Mata Pelajaran             : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester            : VIII/I
Materi Pokok               : Nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
Alokasi Waktu             : 3x40 menit
II.                Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori


III.             Kompetensi Dasar
3.1 Memahami nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
IV.             Indikator
3.1.1 Mendeskripsikan arti penting pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
3.1.2 Menjabarkan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila
3.1.3 Memahami hubungan sila-sila dalam Pancasila
V.                Pokok Materi
1.      Arti penting pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
2.      Nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
3.      Hubungan sila-sila dalam Pancasila
VI.             Kegiatan Belajar Mengajar
1.      Kegiatan Awal
a.   Guru mempersiapkan secara psikis dan fisik peserta didik mengikuti pembelajaran (berdoa, kebersihan kelas, buku teks dan buku catatan)
b. Guru memberikan motivasi agar peserta didik bersemangat dalam mengikui pembelajaran melalui berbagai cara seperti menyanyi, bermain, dan kegiatan lain sesuai kondisi sekolah.
c.    Guru melakukan apersepsi dengan tanya jawab tentang nilai-nilai Pancasila. (pretest)
d. Guru mendiskusikan manfaat proses pembelajaran melalui tanya jawab dengan peserta didik
e.  Guru menyampaikan materi pokok dan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan
2.      Kegiatan Inti
Mengamati
a.       Guru membagi kelas menjadi 5 (lima) kelompok sesuai kelompok sebelumnya atau kelompok baru, dengan tugas kelompok :
·   Kelompok 1 : Nilai Ketuhanan Yang Maha Esa
·   Kelompok 2 : Nilai Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
·   Kelompok 3 : Nilai Persatuan Indonesia
·   Kelompok 4 : Nilai Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan
·   Kelompok 5 : Nilai Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
b.      Guru membimbing peserta didik mengamati beberapa gambar tentang perwujudan nilai-nilai Pancasila, yang ditayangkan dalam Powerpoint
c.       Guru memberikan penjelasan tentang gambar sesuai dengan keadaan sosial budaya peserta didik atau peristiwa yang sejenis dengan gambar.
d.      Guru meminta peserta didik mengamati dengan cermat gambar dan menyimak penjelasan guru serta mencatat hal-hal yang penting. Penjelasan guru bertujuan mendorong rasa ingin tahu peserta didik berkaitan dengan nilai-nilai Pancasila.
Menanya
a.       Guru membimbing peserta didik mengidentifikasi pertanyaan tentang nilai-nilai Pancasila.
b.      Guru memberi motivasi dan penghargaan bagi kelompok yang menyusun pertanyaan terbanyak dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
c.       Guru mengamati keterampilan peserta didik secara perorangan dan kelompok dalam bertanya
Mencari Informasi
a.       Guru membimbing peserta didik secara kelompok untuk mencari jawaban atas pertanyaan yang telah disusun kelompok, dengan membaca materi dan penjelasan dari guru
b.      Guru memfasilitasi  sumber belajar selain buku PPKn Kelas VIII sesuai kondisi sekolah, sekaligus menjadi sumber belajar dengan memberikan konfirmasi atas jawaban peserta didik. Guru dapat pula menjawab pertanyaan kelompok yang kesulitan mencari jawaban. Upayakan guru tidak langsung menjawab pertanyaan peserta didik, namun menunjukkan sumber jawaban yang memuat informasi yang diperlukan.
c.       Guru mengamati sikap peserta didik seperti kerja sama, tanggung jawab, kepedulian, dan sebagainya
Mengasosiasi
a.       Guru membimbing peserta didik untuk menghubungkan berbagai informasi yang diperoleh seperti bagaimana hubungan nilai-nilai antarsila dalam Pancasila seperti nilai kemanusiaan dengan nilai keadilan sosial, apa persamaan dan perbedaan adil dalam sila kedua dan kelima.
b.      Guru membimbing peserta didik menyimpulkan jawaban secara kelompok
Mengomunikasikan
a.       Guru menjelaskan tugas kelompok untuk menyusun hasil diskusi dalam bentuk displai untuk dipamerkan. Displai dapat menggunakan lembaran kertas karton, atau kertas/kardus bekas
b.      Displai memuat hasil diskusi dan kolom untuk komentar kelompok lain.
c.       Guru membimbing kelompok menyusun displai yang menarik, kreatif, dan inovatif.
d.      Setelah selesai setiap kelompok memajang displai di dinding bagian dalam atau luar kelas. Anggota kelompok dibagi 2 orang sebagai penjaga display yang bertugas menjelaskan apabila ada pertanyaan dari kelompok lain. Sedangkan anggota yang lain bertugas untuk mengunjungi display kelompok lain. Selama kunjungan peserta didik memberikan komentar terhadap display kelompok lain secara positif. Bimbing peserta didik menggunakan bahasa yang sopan dan memotivasi kelompok lain agar lebih baik.
e.       Guru melakukan penilaian keterampilan dan sikap sesuai format di bagian  penilaian
3.      Kegiatan Akhir
a.       Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal
b.      Guru melakukan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan  yang akan dilakukan selajutnya
c.       Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah nilai-nilai Pancasila
d.      Guru melakukan tes tertulis tentang nilai-nilai Pancasila.
e.       Guru memberi tugas individu untuk mengamati perilaku sesuai nilai-nilai Pancasila
VII.          Media Pembelajaran
1.      Gambar yang berkaitan dengan nilai-nilai Pancasila
2.      Materi yang disajikan dalam Powerpoint
3.      Jaringan Internet
4.      Komputer dan LCD Proyektor
VIII.       Sumber Pembelajaran
1.      Buku Siswa
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan : buku siswa/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
2.      Buku Guru
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan : buku guru/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
3.      Buku Referensi
Triyanto. 2013. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta : Deepublish
Dadang Sundawa, Anang Priyanto, etc. 2008. PPKn Untuk Kelas VIII
Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
4.      Artikel atau berita dari media masa dan internet
IX.             Evaluasi
1.      Kognitif
·         Instrument       : Test
·         Bentuk             : Obyektif
·         Teknik             : Tertulis
2.      Afektif
·         Instrument        : Non Test
·         Bentuk              : Lembar Pengamatan
·         Teknik               : Pengamatan
3.      Psikomotorik
·         Instrument        : Non Test
·         Bentuk              : Lembar Pengamatan
·         Teknik               : Unjuk Kerja












Mengetahui,
Kelapa Sekolah                                                       Praktikum
       SMP N 1 Nogosari


          Mulyani, S.Pd                                                   (Ukti Binti Arifah)
NIP. 196309041986012003                                          NIM. K6413074

Post a Comment

- Kritik dan saran sangat dinantikan demi kemajuan website ini.
- Silakan melaporkan jika adal, jika ada link yang mati.
- Mohon untuk berkomentar sesuai dengan tema postingan.
- Dilarang berkomentar yang mencantumkan Link Aktif. jika ditemukan, akan saya hapus.