Civic Knowlegde yang harus diketahui warga negara sebagai Masyarakat Multikultural Indonesia



1.    Masyarakat indonesia adalah masyarakat yang sangat beranekaragam yang terdiri atas berbagai kelompok etnis, ras, budaya, agama, dan lain-lain, sering disebut masyarakat plural atau heterogen. Setiap masyarakat di daerah Indonesia memiliki kebudayaan dan ciri khas tersendiri yang mampu membedakan antara satu masyarakat dengan masyarakat yang lain. Maka diperlukan sikap toleransi dan saling menghargai hak asasi manusia sehingga terwujud ideologi yang mengakui perbedaan dalam kesederajatan, baik secara individual maupun secara kebudayaan. Lebih tepatnya masyarakat multikultural tidaklah hanya sebagai konsep keanekaragaman secara suku bangsa atau kebudayaan suku bangsa yang menjadi ciri masyarakat majemuk, akan tetapi menekankan pada keanekaragaman kebudayaan dalam kesederajatan.

Beberapa faktor terbentuknya masyarakat Indonesia yang multikultural :
a.       Latar belakang historis, karena Indonesia itu subur dan kaya akan sumber daya alam, sehingga banyak warga negara lain yang menginginkan Indonesia. Oleh karena itu, mereka tinggal dan menetap dalam jangka waktu yang lama. Kondisi ini menjadikan Indonesia memiliki struktur ras dan budaya yang makin beragam.
b.      Kondisi geografis, Indonesia berada di jalur persilangan transportasi laut yang ramai dan strategis. Karenanya banyak bangsa-bangsa pedagang singgah ke Indonesia sekadar untuk berdagang. Persinggahan ini mengakibatkan masuknya unsur budaya baik bahasa maupun agama.
c.       Keterbukaan terhadap kebudayaan luar. Indonesia mempunyai sifat terbuka untuk menerima budaya luar karena adanya proses globalilasasi namun juga perlu adanya penyaringan dan penyesuaian terhadap budaya indonesia

Post a Comment

- Kritik dan saran sangat dinantikan demi kemajuan website ini.
- Silakan melaporkan jika adal, jika ada link yang mati.
- Mohon untuk berkomentar sesuai dengan tema postingan.
- Dilarang berkomentar yang mencantumkan Link Aktif. jika ditemukan, akan saya hapus.