PROGRAM PNPM MANDIRI DIKAJI DENGAN PENDIDIKAN ILMU SOSIAL UNTUK MEMECAHKAN MASALAH KEMISKINAN



BAB 1
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang

Kemiskinan muncul sebagai problema social,pada waktu itu orang sadar akan kedudukan ekonominyaPermasalah kemiskinan di Indonesia yang cukup komplek, maka dibutuhkan intervansi dari semua pihak secara bersamaan dan terkoordinasi. Namun penanganan selama ini dirasakan belum optimal, sehingga untuk meningkatkan penanggulangan kemiskinan itu pemerintah menciptakan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri.
Melalui program PNPM Mandiri ini upaya penanggulangan kemiskinan melibatkan unsur masyarakat dari dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga pemantauan dan evaluasi. Untuk penulis akan berusaha mengaitkan Program Pemerintah PNPM Mandiri dengan Pendidikan Ilmu Sosial untuk mengatasi masalah pemecahan bangsa seperti kemiskinan.

 
B.     Rumusan Masalah

  1. Apa yang dimaksud PNPM Mandiri?
  2. Bagaimana kaitannya dengan PIS?
  3. Bagaimana Implikasinya terhadap pemecahan kemiskinan?


C.    Tujuan Penulisan

  1. Penulis dapat memaparkan definisi PNPM Mandiri
  2. Penulis dapat menganalisis PNPM Mandiri kaitannya dengan PIS
  3. Penulis dapat menjelaskan implikasi PNPM Mandiri terhadap pemecahan kemiskinan





BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian dan Tujuan PNPM Mandiri

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri adalah program nasional penanggulangan kemiskinan terutama yang berbasis pemberdayaan masyarakat. Pengertian yang terkandung mengenai PNPM Mandiri adalah :
  1. PNPM Mandiri adalah program nasional dalam wujud kerangka kebijakan sebagai dasar dan acuan pelaksanaan program-program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat. PNPM Mandiri dilaksanakan melalui harmonisasi dan pengembangan sistem serta mekanisme dan prosedur program, penyediaan pendampingan dan pendanaan stimulan untuk mendorong prakarsa dan inovasi masyarakat dalam upaya penanggulangan kemiskinan yang berkelanjutan.
  2. Pemberdayaan masyarakat adalah upaya untuk menciptakan/meningkatkan kapasitas masyarakat, baik secara individu maupun berkelompok, dalam memecahkan berbagai persoalan terkait upaya peningkatan kualitas hidup, kemandirian dan kesejahteraannya. Pemberdayaan masyarakat memerlukan keterlibatan yang besar dari perangkat pemerintah daerah serta berbagai pihak untuk memberikan kesempatan dan menjamin keberlanjutan berbagai hasil yang dicapai.
Sedangkan Tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan Program PNPM Mandiri ini adalah:
·         Tujuan Umum

Meningkatnya kesejahteraan dan kesempatan kerja masyarakat miskin secara mandiri.

·         Tujuan Khusus

  1. Meningkatnya partisipasi seluruh masyarakat, termasuk masyarakat miskin, kelompok perempuan, komunitas adat terpencil dan kelompok masyarakat lainnya yang rentan dan sering terpinggirkan ke dalam proses pengambilan keputusan dan pengelolaan pembangunan.
  2. Meningkatnya sinergi masyarakat, pemerintah daerah, swasta, asosiasi, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat, organisasi masyarakat dan kelompok perduli lainnya untuk mengefektifkan upaya-upaya penanggulangan kemiskinan.
  3. Meningkatnya keberadaan dan kemandirian masyarakat serta kapasitas pemerintah daerah dan kelompok perduli setempat dalam menanggulangi kemiskinan di wilayahnya.
  4. Meningkatnya modal sosial masyarakat yang berkembang sesuai dengan potensi sosial dan budaya serta untuk melestarikan kearifan lokal.
  5. Meningkatnya inovasi dan pemanfaatan teknologi tepat guna, informasi dan komunikasi dalam pemberdayaan masyarakat.[1]

Jadi PNPM Mandiri ini mengartasi kemiskinan dengan cara meminjamkan modal untuk sebuah usaha sehingga dapat mengurangi angka penggangguran serta meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia.

B.     PNPM Mandiri di kaji berdasarkan Pendidikan Ilmu Sosial

Program Pemerintah PNPM Mandiri akan dikaji atau di analisis berdasar Ilmu – ilmu sosial, diantaranya yaitu :
·         Geografi
PNPM Mandiri di bedakan menjadi 2 macam berdasarkan letak geografis:
1.      PNPM Mandiri Pedesaan

Berbagai infrastruktur perdesaan telah dibangun PNPM Mandiri, yakni jalan lingkungan, drainase, gedung Posyandu, jembatan, sarana pendidikan, sarana air bersih, MCK, kios, tempat sampah, dan lain sebagainya. Selain membangun berbagai infrastruktur, PNPM Mandiri juga memberikan pinjaman dana untuk tambahan modal berusaha, di PNPM Mandiri Pedesaan misalnya Simpan Pinjam untuk Perempuan (SPP) yang khusus diberikan kepada kaum perempuan. Hal tersebut untuk memajukan kaum perempuan, meskipun para ibu hanya sebagai ibu rumah tangga maka dipinjami dana pemerintah untuk mendirikan sebuah usaha kecil – kecilan. Dengan demikian dapat mengurangi penggangguran sehingga dapat membantu mensejahterakan keluarganya. Usaha – usaha diperdesaan biasanya berupa toko kelontong, bertenak, bertani, ada juga yang untuk usaha perkayuan seperti mebel.
2.      PNPM Mandiri Perkotaan

Sedangkan PNPM Mandiri Perkotaan modal usahanya berupa Usaha Ekonomi Produktif (UEP) yang dilaksanakan oleh PNPM Mandiri Perkotaan dan diberikan kepada masyarakat umum.  Khusus di wilayah perkotaan, salah satu ciri umum dari kondisi fisik masyarakat miskin adalah tidak memiliki akses ke prasarana dan sarana dasar lingkungan yang memadai, dengan kualitas perumahan dan permukiman yang jauh dibawah standar kelayakan, serta mata pencaharian yang tidak menentu. Untuk itu program PNPM Mandiri ini biasa dimanfaatkan para warganya untuk membuka usaha industri rumah tangga, menjahit, loundry, bahkan bengkel. Selain itu ada yang untuk membeli sebuah motor untuk digunakan untuk ojek. Hal ini dimaksudkan agar para warga dapat memiliki mata pencaharian tetap sehingga dapat bangkit dari kemiskinan.

  • Pendidikan Kewarganegaraan

PNPM Mandiri yang dikaji berdasarkan PIS dibidang PPKn yaitu moral atau norma yang terdapat didalamnya serta dasar – dasar hukum yang mengikatnya. Dalam peminjaman modal baik SPP maupun EUP tentunya ada perjanjian tertentu yang disepakati bersama, untuk itu perjanjian tersbut tidak boleh dilanggar harus sesuai peraturan yang berlaku. Hal ini apabila peraturan yang telah di buat tidak berjalan lancar maka program ini tidak akan bisa berjaln dengan baik. Maka disini adanya norma hukum yang haris dijalankan, serta warga yang meminjam dananya harus mempunyai moral yang baik dan bertanggung jawab.

  • Ekonomi

Sementara itu di bidang ekonomi berbagai sektor usaha yang dibiayai PNPM Mandiri mengalami kemajuan. Usaha mikro, kecil, dan  menengah itu meliputi usaha warung nasi goreng, usaha pembuatan bata merah, usaha kerajinan pernik laut, perdagangan ikan asin, dan lain-lain. Berkat program PNPM Mandiri semua sektor usaha ekonomi dapat  berjalan lancar dan omsetnya meningkat. Dari usaha - usaha tersebut dapat membantu meningkatkan kesejahteraan warga Indonesia sehingga sedikit demi sedikit kemiskinan dapat berkurang.

C.    Implikasi PNPM Mandiri terhadap Pemecahan Masalah Kemiskinan

PNPM Mandiri merupakan program pemerintah untuk mengatasi kemiskinan dengan cara mendrikan sebuah fasilitas umum dan juga meminjamkan modal usaha untuk rakyat miskin dalam usaha mikronya. Hal ini bertujuan angka penggangguran dapat  menurun karean dengan peminjaman modal tersebut, pemerintah berharap para warga dapat menciptakan sebuah wirausaha dengan segala kreatifitas dan inovasi terbaru. Dengan demikian Permasalhan yang selama ini kita alami yaitu kemiskina dapat berkurang.Namun sebuah usaha tersebut tidak akan berhasil tanpa dibaremgi dengan adanya niat dan kerja keras dari pelakunya. Mengenai usaha – usaha yang aka dilaksanakan itu bisa tergantung dari letak geografis daerahnya itu sendiri yang telah dijelaskan diatas.




BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan

Dari uraian diatas, Program PNPM Mandiri ini didirikan pemerintah untuk mengatasi malah kemiskinan yang melanda di Indonesia. PNPM Mandiri ini dapat dibedakan PNPM Mandiri Pedesaan dan Perkotaan. Kemudian PNPM Mandiri ini juga dianalisis berdasarkan Pendidikan Ilmu Sosial. Program ini dilakukan sebagai pemberdayaan masyarakat melalui peminjaman modal usaha. Hal ini sangat membantu mereka dalam memajukan usahanya dan sebagai mata pencaharian. Modal ini ada pengkhususan tersendiri yaitu khusus perempuan, namun tidak meutup kemungkina untuk para laki – laki. Karena target utamanya yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan para warganya.
B.     Saran

·         Untuk Para peminjam modal PNPM Mandiri, sebaiknya lebih menggunakan uangnya membuka sebuah usaha baru dan lebih kreatif.
·         Untuk Pemerintah, seharunya lebih ditingkatkan dalam programnya ini, dan harusnya ada sebuah evaluasi atau survei setelah memberikan pinjamannya. Dengan tujuan agar uangnya dapat digunakan sebagai mana mestinya.


DAFTAR PUSTAKA
Definisi PNPM Mandiri. Online. http://www.pnpmmandiri.org/index.php?option=com_content&view=article&id=54&Itemid=267. Diakses tanggal 14 April 2014

Post a Comment

- Kritik dan saran sangat dinantikan demi kemajuan website ini.
- Silakan melaporkan jika adal, jika ada link yang mati.
- Mohon untuk berkomentar sesuai dengan tema postingan.
- Dilarang berkomentar yang mencantumkan Link Aktif. jika ditemukan, akan saya hapus.