Proses Penentuan Kredit

1.      Cara Mengidentifikasi Pelanggan
           Identifikasi  pelanggan atau calon pelanggan bertujuan agar penjualan kredit dilakukan kepada pembeli baik tingkat bonafiditnya maupun batas maksimal kredit yang diterimanya sehingga identifikasi pelanggan harus mampu memperoleh data mengenai pelanggan yang dijadikan dasar, dalam arti dapat dipercaya tidaknya (kejujuran) seorang pelanggan dan tingkat kemampuan mengambilan kredit yang diberikan. Data pelanggan yang diperlukan untuk kepentingan untuk kepentingan tersebut antara lain :
      ·         Lamanya menjadi pelanggan perusahaan
      ·         Besarnya kredit maksimal yang pernah diberikan
      ·         Kelancaran pengembalian kredit pada periode-periode yang lalu
      ·         Status kredit yang sedang berjalan
      ·         Kondisi perusahaan pelanggan yang sedang berjlan (data eksteren)

     Order yang diterima dari calon pelanggan, mungkin timbul dari proses pengiriman suatu penawaran harga atas permintaan pihak pembeli, dalam hal demikian identifikasi calon pelanggan dilakukan sebelum pengiriman surat penawaran harga, identifikasi lebih kepada konfirmasi (penegasan) mengenai keberadaan dan status calon pelanggan sesuai dengan harga yang diterima dari calon pelanggan.
     
    Identifikasi calon pelanggan biasanya dialkukan melalui wawancara dengan tujuan memberikan informasi mengenai persyaratan yang ditetapkan perusahaan dan untuk memperoleh data mengenai volume kegiatan usaha calon pelanggan , status kepemilkan perusahaan, dan kemampuan pengembalian kredit. Sementara untuk konfirmasi keberadaan calon pelanggan biasanya dilakkan survey ketempat calon pelanggan.

2.      Analisis Usia Piutang
Besarnya kredit yang layak diberikan adalah besarnya kredit yang diperkirakan tepat diberikan kepada pelanggan dipandang dari kepentingan pengamana piutang. Analisis kelayakan pemberian kredit merupakan kegiatan pengumpulan dan analisis data yang relevan dengan tingkat kemampuan pengembalian kredit Dn bonafiditas pelanggan yang mengajukan order kepada perusahaan. 

Data yang dimiliki perusahaan yang dipandang relevan dengan tingkat kemampuan pengembalian kredit dan tingkat bonifiditas pelanggan adalh data mutasi piutang. Dari data mutasi piutang yang dihubungkan dengan tanggal jatuh tempo pembayaran kredit, piutang pada tiap pelanggan dapat dipisahkan antara piutang yang belum jatuh tempo dengan piutang yang telah lewat jatuh tempo , selanjutnya dapat disusun daftar usia piutang. Dari hasil analisis usia piutang dapat ditentukan tingkat bonifiditas dan status kredit pelanggan.  

Post a Comment

- Kritik dan saran sangat dinantikan demi kemajuan website ini.
- Silakan melaporkan jika adal, jika ada link yang mati.
- Mohon untuk berkomentar sesuai dengan tema postingan.
- Dilarang berkomentar yang mencantumkan Link Aktif. jika ditemukan, akan saya hapus.