Pengelolaan Kartu Piutang

Pengelolaan kartu piutang dilakukan oleh Bagian Kartu Piutang yang berada dibawah Depertemen Akuntansi. Tugas harian bagian ini menctat mutasi piutang untuk setiap debitor . Dari kegiatan tersebut secara periodik harus dapat menghasilkan hal-hal berikut :
  • Surat Pernyataan Piutang untuk dikirimkan ke debitor.Pengiriman surat pernyataan piutang bertujuan untuk konfirmasi piutang kepada debitor, dalam arti untuk penegasan apakah besarnya piutang menurut catatan perusahaan sam dengan besarnya piutang menurut catatan debitor sehingga berfungsi  juga sebagai alat pengawasan.
  • Daftar saldo piutang menurut informasi mengenai saldo piutang pada tiap debitor pada tanggal tertentu. Penyusunan daftar saldo piutang disampingkan bertujuan untuk mengetahui saldo piutang pada tiap debitor, juga diperlukan untuk verifikasi ketelitian pencatatan piutang yaitu dengan pengecekan atas kesamaan total saldo piutang menurut kartu piutang kartu piutang pada tanggal yang sama.
Daftar saldo piutang, memuat informasi mengenai piutang pada tiap  debitor yang dikelompokan berdasarkan usia piutang. Daftar piutang sangat diperlukan untuk menganalisis bonafiditas tiap debitor sehingga status kredit masing-masing dapat diketahui.
Pengelolaan Kartu piutang terdiri dari :
- Pencatatan mutasi piutang dalam kartu piutang
- Surat pernyataan piutang
   a. Pernyataan saldo akhir bulan
   b. Pernyataan satuan
   c. Pernyataan saldo berjalan dengan rekening konvensional
- Pembuatan daftar saldo piutang
- Pembuatan daftar analisis usia piutang


Post a Comment

- Kritik dan saran sangat dinantikan demi kemajuan website ini.
- Silakan melaporkan jika adal, jika ada link yang mati.
- Mohon untuk berkomentar sesuai dengan tema postingan.
- Dilarang berkomentar yang mencantumkan Link Aktif. jika ditemukan, akan saya hapus.