Permintaan Dan Penawaran

A. Permintaan (Demand)
Permintaan adalah jumlah berbagai barang atau jasa yang diminta oleh pembeli pada berbagai tingkat harga selama periode waktu tertentu.

1. Macam - macam permintaan
a) Dari segi daya beli
- Permintaan efektif
- Permintaan absolut
- Permintaan absolut

b) Dari segi sirkulasi (pendapatan)
- Permintaan masyarakat / konsumen
- Permintaan produsen
- Permintaan pemerintah
- Permintaan luar negeri

c) Permintaan ditinjau dari jumlah yang diminta
- Permintaan individu
- Perintaan kolektif

2. Faktor – faktor yang mempengaruhi permintaan
a. Harga barang komplementer dan barang substitusi
b. Jumlah pendapatan
c. Jumlah dan karakteristik penduduk
d. Perubahan tradisi, mode, dan selera masyarakat
e. Perkiraan dan harapan masyarakat
f. Hari raya keagamaan
g. Kondisi sosial dan ekonomi

3. Hukum permintaan
Hukum permintaan berbunyi “ semakin rendah harga suatu barang, semakin banyak jumlah barang terssebut yang diminta “. Sebaliknya semakin tinggi harganya, semakin sedikit jumlah barang yang diminta, dalam keadaan cateris paribus. Cateris paribus adalah suatu anggapan bahwa semua faktor lain yang turut mempengaruhidianggap konstan atau tidak berubah. Dengan anggapan cateris paribus, maka dapat menyederhanakan hubungan tersebut sebagai berikut : “ selama faktor – faktor lain yang mempengaruhi tidah berubah, maka peningkatan harga barang akan menyebabkan turunnya jumlah barang yang diminta “.

B. Penawaran (Supply)

1. Definisi penawaran
Penawaran menunjukkkan jumlah barang dan menyediakan barang dan jasa yang ingin diproduksi atau ditawarkan pada berbagai tingkat harga.

2. Macam – macam penawaran
a. Dilihat dari realita penawaran
1) Persediaan
2) Panawaran Riil

b. Dilihat dari jumlah penyedia (Supplier)
1) Penawaran individual
2) Penawaran pasar (kolektif)

c. Dilihat dari jenis yang ditawarkan
1) Faktor produksi
2) Barang konsumsi

3. Faktor – faktor yang mempengaruhi penawaran
a. Harga barang itu sendiri
b. Biaya produksi
c. Keuntungan
d. Kebutuhan uang
e. Prakiraan harga masa depan
f. Tujuan tertentu
g. Pajak dan subsidi
h. Jumlah perusahaan dalam industri
i. Keadaan cuaca dan iklim

4. Hukum penawaran dan kurva penawaran
Hukum penawaran berbunyi “ bila harga naik maka penawaran akan naik, sebaliknya bila harga turun penawaran akan turun” ketika harga tinggi karena kelangkaan maka merupakan kesempatan bagi produsen untuk meraih keuntungan besar. 

Kurva penawaran merupakan diagram garis yang melukiskan jumlah barang /jasa yang ditawarkan pada berbagai tingkat harga. Kurva penawaran bergerak dari kiri bawah ke kanan atas atau sebaliknya. Bentuk kurva miring positif yang menunjukkan bahwa semakin tinggi harga maka akan semakin banyak barang/jasa yang ingin dijual produsen dan penjual.

5. Perubahan penawaran dan jumlah yang ditawarkan
penawaran berubah jika faktor – faktor yang berpengaruh pada barang berubah. Kemajuan teknologi (cateris paribus) akan menggeser kurva penawaran ke bawah.

Post a Comment

- Kritik dan saran sangat dinantikan demi kemajuan website ini.
- Silakan melaporkan jika adal, jika ada link yang mati.
- Mohon untuk berkomentar sesuai dengan tema postingan.
- Dilarang berkomentar yang mencantumkan Link Aktif. jika ditemukan, akan saya hapus.