1. Cara Mengidentifikasi Pelanggan
Identifikasi pelanggan atau calon pelanggan bertujuan agar
penjualan kredit dilakukan kepada pembeli baik tingkat bonafiditnya maupun
batas maksimal kredit yang diterimanya sehingga identifikasi pelanggan harus
mampu memperoleh data mengenai pelanggan yang dijadikan dasar, dalam arti dapat
dipercaya tidaknya (kejujuran) seorang pelanggan dan tingkat kemampuan
mengambilan kredit yang diberikan. Data pelanggan yang diperlukan untuk
kepentingan untuk kepentingan tersebut antara lain :
·
Lamanya menjadi pelanggan perusahaan
·
Besarnya kredit maksimal yang pernah diberikan
·
Kelancaran pengembalian kredit pada
periode-periode yang lalu
·
Status kredit yang sedang berjalan
·
Kondisi perusahaan pelanggan yang sedang berjlan
(data eksteren)
Order yang diterima dari calon pelanggan, mungkin timbul
dari proses pengiriman suatu penawaran harga atas permintaan pihak pembeli,
dalam hal demikian identifikasi calon pelanggan dilakukan sebelum pengiriman
surat penawaran harga, identifikasi lebih kepada konfirmasi (penegasan)
mengenai keberadaan dan status calon pelanggan sesuai dengan harga yang
diterima dari calon pelanggan.
Identifikasi calon pelanggan biasanya dialkukan melalui
wawancara dengan tujuan memberikan informasi mengenai persyaratan yang
ditetapkan perusahaan dan untuk memperoleh data mengenai volume kegiatan usaha
calon pelanggan , status kepemilkan perusahaan, dan kemampuan pengembalian
kredit. Sementara untuk konfirmasi keberadaan calon pelanggan biasanya dilakkan
survey ketempat calon pelanggan.
2. Analisis
Usia Piutang
Besarnya
kredit yang layak diberikan adalah besarnya kredit yang diperkirakan tepat
diberikan kepada pelanggan dipandang dari kepentingan pengamana piutang.
Analisis kelayakan pemberian kredit merupakan kegiatan pengumpulan dan analisis
data yang relevan dengan tingkat kemampuan pengembalian kredit Dn bonafiditas
pelanggan yang mengajukan order kepada perusahaan.
Data yang dimiliki
perusahaan yang dipandang relevan dengan tingkat kemampuan pengembalian kredit
dan tingkat bonifiditas pelanggan adalh data mutasi piutang. Dari data mutasi
piutang yang dihubungkan dengan tanggal jatuh tempo pembayaran kredit, piutang
pada tiap pelanggan dapat dipisahkan antara piutang yang belum jatuh tempo
dengan piutang yang telah lewat jatuh tempo , selanjutnya dapat disusun daftar
usia piutang. Dari hasil analisis usia piutang dapat ditentukan tingkat
bonifiditas dan status kredit pelanggan.
Post a Comment
- Kritik dan saran sangat dinantikan demi kemajuan website ini.
- Silakan melaporkan jika adal, jika ada link yang mati.
- Mohon untuk berkomentar sesuai dengan tema postingan.
- Dilarang berkomentar yang mencantumkan Link Aktif. jika ditemukan, akan saya hapus.